BUSINESS PLAN MINUMAN MILK TEA "MOYA"
BUSINESS PLAN
“USAHA MILK TEA MOYA”
PENDAHULUAN
Nama Usaha : Moya
Bidang Usaha :
Produk Minuman
Jenis
Produk : Milk tea
Alamat perusahaan : Jl. Dg Pawindu – kompleks Bambaru Pasar Selatan
Nomor telepon : 0812 4361 1495
A. Identifikasi Peluang Bisnis
Indonesia termasuk negara dengan iklim tropis, maka memang berjualan milk tea yang menyegarkan sangat direkomendasikan. Lagipula orang Indonesia sudah terbiasa dengan yang namanya teh. Karena itu menjual milk tea tentu tidak terlalu sulit, jadi disini saya bukan mengenalkan produk yang benar-benar baru, hanya variasi lain dari teh saja.
Sebagai
salah satu minuman populer dengan potensi pasar yang cukup luas, milk
tea bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan yang bisa dicoba. Meski
telah banyak yang membuka bisnis serupa di Indonesia,
potensi bisnis tersebut masih terbuka lebar. Persaingan antara satu brand dengan brand yang
lain masih sangat ketat. Maka dari itu saya memanfaatkan peluang yang ada
dengan membuat bisnis milk tea dengan nama brand “Moya”.
B.
Penjelasan Produk
Milk Tea merupakan bisnis personal
yang bergerak di bidang minuman dengan bahan dasar teh. Milk tea sudah mulai
menjadi produk pangan yg mendunia, banyaknya penikmat minuman ini menjadikan
milk tea itu sendiri di produksi baik dari produk rumahan hingga produk
pabrikan. Karena banyaknya minat masyarakat akan milk tea ini,saya mencoba
untuk turut serta memenuhi kebutuhan itu, dengan membuat usaha milk tea.
Nama
brand yang saya gunakan adalah “Moya”.
Moya
sendiri diambil dari bahasa arab yang artinya air. Produk ini dikemas dengan mengunakan
gelas plastik berukuran 22 oz dengan
enam varian rasa yaitu millk tea Original,Green tea,coklat,vanilla,redvelvet
dan taro. Dengan saya menyediakan 6 rasa milk tea yang berbeda ini, saya
berharap pelanggan akan terpuaskan dan juga tidak akan bosan dengan varian rasa
yang biasanya umum dijual. Bahan-bahan yang saya gunakan dalam pembuatan milk
tea ini merupakan bahan-bahan terpilih yang di datangkan langsung dari luar
kota tempat saya berproduksi tepatnya di kota Makassar. Akan tetapi walaupun
menggunakan bahan pilihan, Moya
menyediakan milk tea dengan harga yang terjangkau,berkualitas dan juga dijamin
kehigienisan dan kehalalannya.
Saat
ini Moya sudah membuka pemesanan dengan sistem Pre order melalui Sosial Media
Instagram dan whatsapp. Pemasaran minuman milk tea dilakukan melalui sosial
media Instagram dan Whatsapp. Oleh karena itu, banyak dari teman-teman Sosial
media yang mengenal Moya dan
memesannya. Untuk itu peran Media Sosial dalam pemasaran Produk ini sangat
penting. Hal ini membuktikan bahwa minuman milk tea semakin dikenal masyarakat
dan semakin disukai banyak pelanggan.
C. LATAR BELAKANG BISNIS
Wirausaha bukanlah hal yang asing
lagi bagi mereka yang biasa berdagang. Kuliner merupakan usaha yang seru dan
menyenangkan karena ada kepuasan tersendiri apa yang sudah disajikan
kekonsumen. Usaha ini dipilih
karena untuk memulai bisnis sebagai pemula dinilai tidak terlalu sulit dan
modal yang disiapkan pun tidak terlalu besar. Dengan begitu saya bisa
menyajikan milk tea dengan kualitas terbaik dengan harga yang
terjangkau dan bersaing. Diharapkan milk tea ini dapat diterima di
masyarakat dan sebagai candu di lidah para penikmat kuliner.
D. TUJUAN
1. Meningkatkan
pengetahuan atau pemahaman dalam berwirausaha sehingga mampu
mewujudkan individu yang mandiri, kreatif, inovatif dan kompetitif ditengah persaingan global.
2. Membantu
meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya bagi para pecinta milk tea dengan memproduksi minuman yang bermutu
tinggi,halal dan higienis.
3. Memberikan
pelayanan yang baik dan santun sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada
konsumen sehinga para pelanggan dapat bersikap loyal.
E. POTENSI BISNIS
Potensi dari produk milk tea sendiri
sangat terbuka lebar, karena iklim di Indonesia adalah beriklim tropis sehingga
sangat cocok untuk membuka usaha milk tea dengan berbagai varian rasa. Selain
itu, harga yang saya tawarkan kepada konsumen sangat terjangkau karena bila
dilihat dari target pemasarannya sangat luas mulai dari kalangan atas,menengah
hingga bawah, mulai dari anak-anak,remaja, maupun orang dewasa.
PEMBAHASAN
A. ANALISIS
SWOT
1.
Faktor Internal :
a) Strenght (Kekuatan)
- Inovasi
menu yang bervariasi
- Melakukan
kegiatan promosi secara konsisten
- Harga yang
terjangkau
- lokasi strategis
b) Weakness (Kelemahan)
-
Persaingan dengan usaha thai tea lainnya
yang sudah lebih populer di kalangan masyarakat
-
Berubahnya minat masyarakat dengan tren minuman baru
lainnya
2. Faktor Eksternal :
a) Oportunity (Peluang)
-
Dengan modal yang cukup dan minat pasar terhadap
thai tea yang terus meningkat dapat melebarkan usaha dengan
membuat cabang yang lebih luas
b) Threat (Ancaman)
- Banyaknya bisnis sejenis
- Banyak pesaing yang lebih menarik
konsumen
- Konsumen bosan dengan varian rasa
yang terbatas
- Kurangnya fasilitas yang
mempengaruhi kenyamanan konsumen
3. STRATEGI SWOT
STRENGHT Mencari
inovasi yang sedang disukai masyarakat Menentukan
kegiatan promosi yang cocok Pemilihan
lokasi yang pas |
WEAKNESS Tetap
mempertahankan kualitas dan mendesain tempat berjualan agar terlihat menarik |
Oportunity Perlunya penambahan tenaga kerja
mengingat banyaknya konsumen dengan lokasi yang strategis |
Threat Menambah fasilitas tambahan yang
dapat menunjang kenyamanan bagi konsumen Membuat desain yang menarik untuk
kemasan produk |
B. PERENCANAAN
BISNIS
1. Sasaran dan target
pasar
Moya milk tea membidik pasar dari berbagai kalangan mulai dari
anak-anak, remaja dan dewasa. Selain itu dengan penentuan harganya berdasarkan target pasar
sehingga cukup terjangkau mulai dari harga Rp. 15.000,- per gelas dan lokasi yang mudah di jumpai dan proses
pembuatan yang cepat sehingga dapat membuat pelanggan senang dan puas dengan
pelayanan yang diberikan.
2. Pembiayaan
a)
Biaya tetap
-
Kompor gas 1 : Rp. 50.000
-
Tabung gas 1 : Rp. 60.000
-
Listrik :
Rp. 300.000
Total :
Rp. 410.000
b) Biaya variabel
Nama barang |
Jumlah |
Harga |
-
Air galon - Krimer bubuk -
Krimer cair -
Bubuk redvelvet -
Bubuk green tea -
Bubuk taro -
Bubuk vanilla -
Bubuk coklat -
Kental manis -
Susu full krim -
Teh bubuk hitam -
Gelas -
Sedotan |
-
1 -
500 gram -
500 gram -
500 gram -
500 gram -
500 gram -
500 gram - 500 gram -
2 kaleng - 1000 ml -
1 pack -
50 gelas -
50 |
-
Rp. 5.000 -
Rp. 15.000 -
Rp. 15.000 -
Rp. 75.000 -
Rp. 75.000 -
Rp. 75.000 -
Rp. 75.000 -
Rp. 75.000 -
Rp. 25.000 -
Rp. 15.000 -
Rp. 50.000 -
Rp. 50.000 -
Rp. 25.000 |
Total
biaya variabel
Rp. 575.000 |
c) Total biaya
Total biaya = Variabel cost + Fixed cost
=
Rp. 575.000 + Rp. 410.000
=
Rp. 985.000
d) Biaya dan harga per
unit
-
Biaya tetap yang
dibutuhkan untuk 1 kali produksi
Rp. 410.000 : 6 kali =
Rp. 68.400
-
Total biaya
produksi yang dikeluarkan per produksi
Rp. 68.400 + Rp.
575.000 = Rp. 643.000
-
Biaya per unit dan
total biaya produksi dalam 1 kali produksi yaitu jumlah produksi yang
dihasilkan per hari
Rp. 575.000 : 60 gelas
= Rp. 9.600
-
Harga jual per
gelas Rp. 15.000
e) Modal awal
Modal awal =
total biaya tetap + biaya variabel
=
Rp. 410.000 + Rp. 575.000
=
Rp.985.000
f) Analisis keuntungan
- Pendapatan = MOYA tea yang terjual x Harga jual = 60 gelas x Rp. 15.000 = Rp. 900.000
-
Total biaya
produksi 1 kali produksi = Rp. 575.000
-
Keuntungan = pendapatan + total biaya produksi
= Rp. 900.000 + Rp. 575.000
= Rp. 1.475.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual 60
gelas Moya dengan harga Rp.15.000/gelas dalam 1 hari Rp. 1.475.000. Jika dibulatkan dalam 30 hari (1 bulan) jumlah
keuntungan adalah Rp. 44.250.000
g) Pengembalian modal
Total biaya produksi
: laba usaha
= Rp. 575.000 : Rp. 1.475.000
= 2 kali produksi
Jadi, modal akan kembali dalam jangka waktu 2 hari/
2kali produksi.
C. REAL BUSINESS PLAN
1. Strategi
pemasaran
Produk ini memang sudah ada di kalangan masyarakat akan tetapi usaha milktea ini berbeda dengan yang lain, dimana saya membuat inovasi milk tea dengan pilihan rasa yang berbeda sehingga menjadi produk baru serta menarik yang dapat bersaing. Mengingat milk tea bukanlah produk baru di Indonesia khususnya di kota Palu maka dari itu saya memiliki peluang usaha dengan menerapkan tahapan-tahapan berikut ini:
a) Pengembangan produk
Strategi pemasaran yang diterapkan dalam segi produk
ini adalah dengan mencoba menawarkan 6 varian rasa yang berbeda, yaitu milk tea
original,vanilla,coklat,redvelvet,taro,dan green tea. Selain itu dari segi
pengemasan juga di jaga kehigienisannya.
b)
Pengembangan wilayah pemasaran
Tempat yang saya pilih untuk membangun usaha milk tea MOYA ini berada di Jl. Teuku Umar-kompleks bambaru pasar selatan. Alasan pemilihan lokasi tersebut karena berada di tempat pasar,akan tetapi pasar tersebut bukanlah pasar yang seperti pada umumnya, pasar ini lebih menyediakan peralatan sekolah dan di sekitar pasar juga terdapat beberapa toko kue tradisional dan modern. Di sekitar jalan ini juga selalu ramai kendaraan berlalu lalang, sehingga hal itu merupakan suatu keuntungan tersendiri dalam membuka usaha milk tea MOYA ini di lokasi tersebut.
c)
Kegiatan promosi
Promosi
yang menurut saya paling efektif adalah promosi mulut ke mulut, promosi ini
merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya
untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita
atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung
semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita
sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada
orang lain untuk membeli produk kami.
Akan
tetapi selain menggunakan strategi promosi dari mulut ke mulut saya juga
menggunakan strategi promosi dengan memanfaatkan media sosial yang ada sekarang
ini seperti Instagram dan Whatsapp.
2.
Strategi penetapan harga
Dalam penetapan harganya saya
melihat dari target pasar milk tea MOYA yaitu berbagai kalangan usia, sehingga
saya menetapkan harga yang sekiranya cocok untuk kantong para konsumen tanpa
menghilangkan kualitas rasa dari produk tersebut.
3) Rencana-rencana Pengembangan Produksi
- Menambah varian rasa yang unik akan tetapi enak
- Memperbaiki desain produk
- Memperluas cabang dari milk tea MOYA
- Merekrut karyawan sehingga mengurangi tingkat pengangguran
- Memperbaiki desain kedai
- Menambah fasilitas yang dapat menambah kenyamanan konsumen seperti WIFI gratis
LAMPIRAN USAHA MILK TEA MOYA
LOGO
BRAND
VARIAN RASA PRODUK
(VANILLA,ORIGINAL,COKLAT,GREEN TEA,RED VELVET DAN TARO)
GAMBARAN KEDAI
Komentar
Posting Komentar