PERANCANGAN BISNIS MELALUI E-COMMERCE
E-commerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
1. PRODUK
Kemajuan teknologi telah mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan masyarakat modern saat ini, dengan perkembangan teknologi informasi masyarakat dengan mudah mendapat akses informasi mengenai hal-hal
spesifik dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi yang ada saat ini kami manfaatkan untuk membuat sebuah bisnis
e-commerce yang termasuk kedalam bisnis jasa. Kami membuat sebuah
plaftform yang dimana platform ini merupakan jasa penitipan barang yang bernama Titipinaja.com. Barang-barang yang dapat di titipkan
yaitu barang berharga,kendaraan,dan juga bangunan baik itu rumah atau
kontrakan.
2. TARGET PASAR
Untuk target pasarnya yaitu dari semua
golongan baik golongan atas,menengah hingga bawah.
Alasan kami menetapkan semua golangan untuk menjadi target pasar yaitu karena
kami ingin menjangkau seluruh
masyarakat khususnya kota Palu Sulawesi Tengah.
Disini
kami menargetkan untuk orang-orang yang sering bepergian
dan sebagainya dengan waktu yang cukup lama akan tetapi
tidak ingin membawa barang-barang yang banyak.
Contoh orang-orang yang dapat memanfaatkan jasa kami adalah seorang yang
sering bekerja diluar kota dalam
waktu yang cukup lama atau seorang perantau yang memiliki kontrakan atau kos-kosan.
3. CARA MENDAPATKAN KEUNTUNGAN
Seperti yang kita ketahui bahwa
keuntungan adalah hasil penjualan suatu barang/jasa yang didapat melebihi modal dan keuntungan juga sesuatu yang
sangat penting dalam sebuah bisnis. Maka dari itu, dalam bisnis
penitipan barang ini cara kami mendapatkan keuntungan yaitu dari biaya pembayaran dalam menggunakan jasa
Untuk mempermudah transaksi dalam bisnis ini kami menyediakan 3 cara mudah untuk melakukan pembayaran dan sebelum melakukan transaksi pembayaran pelanggan harus terlebih dahulu masuk ke website www.Titipinaja.com karena di dalam website tersebut terdapat informasi seperti Alamat dan juga nomor telfon,sehingga sebelum melakukan salah satu dari 3 cara pembayaran harus terlebih dahulu mengkonfirmasikan kepada kami baik secara langsung maupun via telfon, dan 3 cara pembayaran yang dapat digunakan yaitu :
1. Bayar
langsung ditempat
Dengan cara ini pelanggan datang ke alamat yang telah kami cantumkan di website
2.Melalui pembayaran online
Platform
pembayaran online yang dapat digunakan adalah Dana dan Link aja, dengan cara kedua ini pelanggan harus terlebih dahulu
mengkonfirmasikan kepada kami melalui va telfon demi kenyamanan dan keamanan pelanggan, dan juga agar pelanggan
dapat memilih apakah barang yang
ingin dititipkan itu ingin kami jemput atau mereka yang akan mengantarkan
sendiri ke tempat kami. Dan bila itu
sebuah bangunan pelanggan dapat mengkonfirmasi kepada kami alamat jelasnya.
3. Menggunakan via transfer bank
Dengan cara
ke tiga ini prosedurnya mirip dengan cara yang sebelumnya, yang membedakan adalah cara pembayaran. Disini pelanggan dapat memilih transfer
melalui Mobile banking
ataupun manual. Bank yang dapat pelanggan gunakan untuk mlakukan
pembayaran yaitu bank Mandiri, BCA, BRI
Untuk sistem
harganya kami menawarkan beberapa paket seperti harian,mingguan dan juga bulanan.
Penitipan barang dan juga bangunan
memiliki perbedaan harga.
4. PLATFORM
E-commerce merupakan suatu proses berbisnis memanfaatkan dukungan teknologi elektronik dan internet sebagai penghubung perusahaan dengan para konsumen. Sebuah revolusi perdagangan baru di era digital yang sering diistilahkan dengan e-commerce kini berkembang pesat di seluruh negara, bahkan juga di Indonesia. Untuk itu bisnis yang berbasis e-commerce ini kami menggunakan sebuah web yang dapat diakses dengan mengklik www.Titipinaja.com. Dan untuk mengetahui info lebih lanjut dari jasa Titipinaja.com, Customer dapat langsung menanyakan kepada kami dengan menelfon langsung Customer center ataupun melalui via Direct Message. Yang dimana nomor customer center telah tertera di web yang telah disediakan.
5. PERBEDAAN E-COMMERCE LAIN
Yang
membedakan bisnis e-commerce ini adalah kebanyakan e-commerce sekarang hanya fokus dalam menjual barang. Dan
untuk sebuah bisnis jasa penitipan barang cukup jarang ditemui maka dari itu kami membawa terobosan terbaru yang
bertujuan dapat mempermudah orang-orang yang sering bepergian. Ada beberapa keunggulan dari jasa
penitipan ini yaitu diantaranya harga yang terjangkau,keamanan yang terjamin, masa penitipan yang dapat diperpanjang dengan mengikuti persyaratan
yang ada seperti penambahan biaya, senantiasa
menjaga dan juga merawat barang yang dititipkan oleh customer, dapat
menjemput langsung barang yang ingin
dititipkan dan juga customer yang menitipkan barang mendapatkan informasi setiap hari dari kami mengenai kondisi
barang yang mana informasi tersebut kami kirimkan via email ataupun Direct
massege.
- Analisis
SWOT :
1. Strength ( Kekuatan)
Untuk
kekuatan dari jasa penitipan barang ini memiliki keamanan yang sudah mengikuti
sesuai Standar Operasional Prosedur
baik dari tempat,peralatan dan juga sumber daya manusianya, kami memilih
karyawan dengan cara menyeleksi dengan baik, yaitu harus membawa SKCK dan surat sehat dari rumah sakit. Dengan cara itu keamanan dari jasa penitipan ini akan terjamin.
2. Weakness (kelemahan)
Kelemahan dari Titipinaja.com adalah biaya operasional yang tinggi
3. Opportunities (Peluang)
Jasa penitipan barang Titipinaja.com memiliki peluang yang cukup besar, dikarenakan lokasi di bangunnya usaha ini adalah kebanyakan orang-orang yang sedang merantau, baik itu sedang bekerja,kuliah,ataupun sekolah.
4. Threats (Ancaman)
Seperti yang
kita tahu bahwa kota Palu merupakan kota yang masih tahap berkembang, dan juga banyak perantau dari daerah sekitar
kota Palu untuk bekerja ataupun kuliah jadi tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada bisnis yang serupa karena
melihat peluang yang ada. Selain itu, ancaman terbesar
dari bisnis ini adalah masih banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mungkin akan
melakukan sebuah tindak kejahatan seperti
mencuri dan sebagainya.
6. SISTEM KEAMANAN
Sebelum adanya persetujuan dalam penitipan barang di Titipinaja.com kami akan memberikan sebuah kontrak tertulis kepada customer yang bertujuan agar tidak ada pihak yang dirugikan.
Untuk keamanan dari barang yang dititipkan. Jasa penitipan barang Titipinaja.com menyediakan tempat yang khusus untuk semua barang yang dititipkan, tempat tersebut merupakan sebuah gudang yang telah kami rancang agar sesuai dengan prosedur jasa penitipan barang, kami menjamin penjagaan ketat Seperti karyawan yang senantiasa menjaga,mengecek,serta merawat barang yang dititipkan, kami juga memiliki beberapa CCTV yang mengawasi selama 24 jam nonstop di dalam maupun diluar tempat penitipan, karyawan telah kami seleksi sebaik mungkin. Untuk pelanggan yang menitipkan bangunan seperti rumah ataupun kosan, kami akan senantiasa mengecek keadaan bangunan tersebut
Dalam jasa Titipinaja.com kami tidak menerima barang yang mencurigakan seperti obat- obatan terlarang dan berbahaya,barang-barang ilegal ataupun kendaraan yang tidak memiliki surat yang lengkap.
7. PROMOSI
Beberapa strategi
kegiatan yang dapat digunakan untuk
mempromosikan bisnis ini :
1. Berikan pelayanan prima
Selalu
berikan pelayanan prima atau pelayanan
yang terbaik kepada pelanggan. Membuat pelanggan merasa puas menggunakan
jasa yang ditawarkan agar pelanggan akan memberikan
rekomendasi kepada orang terdekatnya bahkan kepada orang yang baru di kenal untuk menggunakan jasa penitipan barang
ini. Dengan begitu kami akan dapat menghemat
cukup banyak biaya promosi.
2. Dapat dipercaya
Karena
bisnis ini merupakan
bisnis yang bergerak
dibidang jasa, maka kepercayaan adalah hal yang sangat penting. Maka dari
itu kami akan membuat hubungan yang erat dengan para pelanggan. Misalnya
saja dengan melakukan
pendekatan secara personal
agar dapat menanyakan kesan mereka terhadap jasa yang
pernah kami tawarkan dan tidak lupa kami juga
akan menanyakan saran agar bisnis ini dapat lebih berkembang. Dengan
begitu, kami dapat mengetahui apa yang
diinginkan oleh pelanggan.
3. Manfaatkan jejaring sosial
Pada era digital ini, penggunaan
internet merupakan suatu hal yang
sudah lazim di masyarakat. Hampir rata-rata semua orang sudah memiliki akun jejaring sosial.
Besar kemungkinan bahwa
pelanggan Anda sudah lebih dulu masuk di jejaring sosial. Oleh karena itu kami memanfaatkan media sosial sebagai
salah satu wadah untuk melakukan promosi, media sosial yang kami gunakan yaitu Instagram,Twitter, dan juga
facebook. Dengan menggunakan metode
tertentu, kami dapat pula mencari tahu seberapa banyak rekomendasi dari
pengguna jejaring sosial
terhadap jasa yang kami tawarkan.
Komentar
Posting Komentar